Instagram

Senin, 06 Januari 2014

Risiko Memakai Sepatu Hak Tinggi Setiap Hari

Hey Sobat Candledisk! Tahukah Kalian bahwa keseringan memakai sepatu heels setiap hari dapat membahayakan postur dan merusak kesehatan pada kaki Kamu? Yuk kita lihat efek samping apa saja yang timbul akibat memakai high heels!

Osteoartritis
Efek samping yang biasa terjadi akibat sering memakai sepatu heels adalah penyakit osteoartritis. Berdasarkan penilitian dari studi yang dilakukan oleh mahasiswa magister di Universitas Iowa, menyatakan bahwa wanita yang hampir tiap hari memakai sepatu heels maka ia akan menderita penyakit osteoartritis dan mengalami degenerasi atau kerusakan sel-sel pada tulang sendi kaki. Hal ini disebabkan karena sepatu heels dapat menggeser tulang lutut secara paksaan, dimana akhirnya akan menyebabkan degradasi tulang lutut.
Rasa Sakit Pada Tulang Sendi Kaki
Sepatu heels juga berdampak rasa nyeri pada tulang sendi jari kaki Kamu, karena adanya kapsulitis yang terjadi peradangan jaringan lunak di sekitar tulang-tulang sendi. Tak hanya itu, jari kaki Kamu pun akan mati rasa dan memerah karena gangguan persendian. Namun, kaki Kamu akan terasa lega dan nyaman ketika melepas sepatu heels yang dipakai dalam waktu yang lama.
Neuroma Morton
Neuroma morton termasuk efek samping yang berbahaya akibat pemakaian sepatu heels secara intensif. Perlu diketahui bahwa ukuran tinggi hak sepatu dan wadah tapak sepatu heels yang sempit mengakibatkan jaringan saraf di antara jari kaki Kamu menebal dan terseranglah para wanita pecinta sepatu heels oleh penyakit neuroma morton. Nyeri berat pada bantalan peluru tulang, parethesia dan mati rasa pun juga termasuk gejala umum dari penyakit ini.
Masalah Otot Tendon Pada Kaki
Yup! Kamu harus berhati-hati dengan hal yang satu ini ya ladies, sebab begitu Kamu memakai sepatu heels dalam waktu lebih dari 5 hari seminggu, jangan heran otot tendon pada kaki Kamu akan bermasalah. Kondisi ini mengakibatkan penyusutan serat otot betis sekitar 30%. Berdasarkan Journal of Experimental Biology, sepatu ini berakibat otot tendon Achilles Kamu menjadi tebal. Tidak hanya itu, masalah yang terletak di otot tendon dapat mengubah posisi istirahat pergelangan kaki dan membuat bentuk kaki Anda berubah ke posisi titik lebih rendah dari biasanya.
Deformitas Haglund
Ladies, waspadalah terhadap penyakit tersebut, sebab deformitas haglund atau sering disebut pompa benjolan, gejalanya ditandai dengan terjadinya pembesaraan tulang tumit. Terlebih lagi, jaringan lunak didekat otot tendon Achilles menjadi iritasi ketika pembesaran tulang tumit bergesekan dengan sepatu heels Kamu. Oleh karena itu, dokter menyarankan Kamu agar melakukan pelatihan stretching yang dapat memperlancar aliran darah otot tendon Achilles.
Mulai dari sekarang, tetaplah berhati-hati dalam menggunakan sepatu heels terlalu lama ya ladies. Keep your feet healthy, soft and beautiful all year!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar