MANAGEMENT PERKANTORAN
Kata kantor berasal
dari “ Kantoor “ (Belanda) yang berarti tempat untuk menulis. Ada dua
pengertian dari kantor itu sendiri, yaitu Kantor diartikan statis karena
berbentuk tempat, gedung atau ruangan yang tidak bergerak dan tidak berganti.
Dan diartikan dinamis apabila menunjukkan adanya suatu kegiatan yang selalu
dilaksanakan secara terus menerus dan beraturan. Sedangkan perkantoran
merupakan suatu gedung/ Departemen yang di dalamnya terdiri dari beberapa staff
yang mempunyai peran penting dalam
menjalankan pekerjaan kantor. Jadi dapat disimpulkan bahwa management
perkantoran merupakan “ suatu proses
kerjasama diantara sekelompok orang untuk mencapai tujuan kantor yang telah
ditentukan sebelumnya dengan melaksanakan fungsi-fungsinya”.
Setiap apa yang
dikerjakan tentu mempunyai tujuan, demikian pula dengan management perkantoran.
Seorang manager selalu berhubungan dengan pencapaian tujuan atau hasil yang
diinginkan. Sebenarnya tujuan dari management perkantoran adalah untuk
mendapatkan hasil secara efektif dan efisien dari apa yang telah ditentukan.
Lebih jelasnya bahwa tujuan kantor adalah sebagaimana terinci
dibawah ini :
1.
Untuk
mencapai tujuan kantor secara efektif dan efisien
2.
Agar
proses pekerjaan kantor berjalan dengan lancar
3.
Agar
pengawasan pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan baik
4.
Agar
tercipta suasana kantor yang harmonis dan menyenangkan
5.
Agar
tercipta rasa memiliki dan tanggung jawab dari setiap pegawai
6.
Tercapai
penggunaan fasilitas kantor secara maksimal.
Ruang lingkup management kantor, yaitu
menurut kegiatannya dan menurut fasilitasnya.
1.
Menurut
kegiatannya :
- · Registrasi, yaitu pekerjaan yang bersifat perekaman data dan informasi secara sistematis, sehingga tidak hilang apabila suatu saat diperlukan kembali. Misalnya pengarsipan, penggandaan, perekaman.
- · Komputasi, pekerjaan yang intinya meliputi pengolahan data dan informasi seperti menyusun laporan, data prosessing, membuat tabel & grafik.
- · Informasi, semua kegiatan yang menyangkut data melalui survey, penelitian, pengoreksian, dan memberikan keterangan.
- · Komunikasi, yaitu kegiatan menyampaikan informasi dari satu pihak kepada pihak lain, baik secara vertical maupun horizontal.
2.
Menurut
fasilitasnya :
- Lokasi Gedung
- Perlengkapan
- Mesin Kantro
- Pesawat Kantor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar